Tuesday, October 30, 2007

Geliat Eropa di Segmen Compact

Written by Administrator

TMS juga menjadi ajang bagi produsen Eropa untuk membidik pasar Tokyo. Hal ini ditandai dengan peluncuran dua model baru oleh perusahaan mobil yang berasal dari Eropa. Di antaranya adalah VW (Volkswagen) yang meluncurkan Space Up, Audi yang meluncurkan Mega Quatrro Project. Mobil dengan segmen small compact ini diproyeksikan akan menjadi salah satu mobil yang diminati keluarga Jepang yang menyukai mobil compact. Nama Space Up sendiri diambil untuk memperlihatkan bahwa mobil tersebut memiliki ruang yang lapang. Dengan panjang mobil 3,68 meter, Space Up mampu menampung barang mobil dengan panjang 4,5 meter. Desain bodi dan rangka pun dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan ruang yang lapang bagi penggunanya. Tulang tengah mobil dipangkas, yang membuat mobil bisa menampung barang dengan lebih lapang. Head of Design Volkswagen Maturo Da Silva mengemukakan pihaknya mengakui bahwa berbagai upaya untuk menciptakan ruang yang lapang menjadi komitmen utama. “Space Up memang didesain sedemikian rupa sehingga mampu memuat barang yang ada,” jelasnya. Seperti lazimnya mobil keluaran VW yang bermesin mobil di belakang, separo hidung mobil didesain untuk memuat barang. Hanya separo hidung mobil persis di depan setir mobil yang tersita untuk ruang poros kemudi. Ruang belakang mobil di atas juga tetap bisa digunakan untuk bagasi. Selain VW, Audi juga meluncurkan mobil yang nyaman untuk digunakan menyusuri jalanan Tokyo. Mobil yang berdimensi sedikit lebih panjang dari Mini-Copper ini menggunakan platform mirip Audi A3 hatchback. (*)

No comments: